Kegunaan Senyawa Turunan Benzena


Dialog Benzena

          Annyeong ^^, hari ini aku bakalan ngepost about benzene yang berbentuk percakapan (dialog), dialog ini aku buat untuk mempermudah menghapal kegunaannya, tapi dialog ini nggak mencakup semua kegunaan dari senyawa turunan benzene, senyawa-senyawa yang ada di dialog ini merupakan senyawa yang sering keluar di Ujian Nasional, yaa…karena dialog ini juga aku buat 4 hari sebelum Ujian Nasional :D, selamat membaca J

          Suatu hari disebuah kota kecil bernama Benzena, terdapat sebuah senyawa yang sangat sombong bernama Nitro Benzena (NO2) yang selalu merendahkan senyawa-senyawa lain di kota itu, bahkan keluarga besarnya yang bernama Nitro pernah tidak menganggap Trinitro Benzena (TNB) sebagai salah satu dari keluarga mereka,hanya karena Trinitro Benzen jarang digunakan. Sore harinya, saat NO2 sedang berjalan disekitar kota Benzena sambil mengagung-agungkan dirinya, dia berpapasan dengan Fenol
NO2     : Gue! Nitro Benzena! Senyawa paling elit didunia Benzena! hahahaha
Fenol  : Ha? Senyawa paling elit?
NO2     : Iya dong! Gue kan selalu digunakan untuk membuat farfum pada sabun, so? Gue selalu harum sepanjang hari!
Fenol  : Idih jadi pembersih kulit aja bangga, kegunaan gue lebih banyak daripada elo! Bisa jadi obat-obatan, pengawet kayu, bahan baku sintesis zat warna dan plastic J
NO2     : Hahahaha…Fenol-fenol, elo juga kan jadi pembersih?! Desinfektan! Hahahah, PEMBERSIH LANTAI aja bangga! Weks! Gue masih mending sabun, daripada elo? Idiiihh jorok tauk!
Fenol  : Heh Nitro jangan macem-macem elo ya, gue lepuhin tuh kulit baru tau rasa!
NO2     : Emang bisa?
Fenol  : Bisa lah, gue bisa ngerusak protein yang bisa nyebapin kulit elo melepuh, jadi jangan macem macem sama gue!
NO2     : Gue nggak takut, ntar gue minta dilindungin sama Asam Benzoat!(C=O-OH)
Fenol  : Asam Benzoat? Emang elu makanan yang bisa diawetin? Weks!
NO2     : ih! Ah! Gue tau! Ntar gue minta tolong sama Paracetamol (OH-NHCOCH3)!
Fenol  : Hah? Mana bisa! Parasetamol kan obat penurun panas! Makanya jangan elite lo aja yang dipikirin! Otak juga digunain dong! Weks
NO2     : T^T, huaaa…huaaa…Anilin (NH2)! Benzal Dehida (C=O-H)! tolongin gueeee!
NH2     : Elo kenapa sih Nit? Tereak tereak nggak jelas gitu?
NO2     : Si Fenol mau ngelepuhin kulit gue! Tolongiinn?
NH2     : yaaahh…kalo masalah itu gue nggak bisa bantu, gue kan Cuma bahan Pembuat Zat Warna
Benzal Dehida : Gue juga nggak bisa Nit, gue Cuma bisa nambahin aroma ceri sama almon dimakanan , sorry yaa…
NH2     : Coba deh, elu minta tolong sama Asam Salisilat, dia kan salep anti jamur…
Benzal Dehida : Bener banget! Si Salisilat  bisa ngobatin Penyakit Kulit juga!
NO2     : Denger tuh Fenol! Gue bakalan minta tolong sama Asam Salisilat! Hahahaha gue nggak takut sama anceman elo! Weks!
Fenol  : He-eh kita liat aja nanti!
TNT   : Ada apasih Nit? Wajah kamu kenapa sedih gitu?
NO2     : Itu kak! Si Fenol mau lepuhin kulit aku
TNT   : Heh Fenol! Jangan macem-macem elo ya! Gue ledakin baru tau rasa lo!
TNB   : Elo mau ledakin siapa TNT?
TNT   : Noh si Desinfektan Fenol!
TNB   : Elo jangan berani-beraninya ya ledakin Fenol, dia sahabat gue! Walaupun kita masih satu keluarga Nitro, tapi gue nggak akan ngebiarin elo nyelakain Fenol!
TNT   : Alah! Emang elu ya! Saudara nggak berguna! Gue ledakin juga elo ntar!
TNB   : Mau ledakin gue? Elo nggak tau atau pura-pura lupa kalo daya Ledakan gue Lebih Kuat Daripada elo TNT! Jadi mending elo semua pergi deh dari sini sebelum gue bertindak lebih lanjut!
NO2   : Huh Dasar TriNoBen! Mentang-mentang paling kuat, bisanya Cuma ngancem! Huuuuu…

TNT, NO2 dan yang lainnya pun pulang kerumah masing-masing J









          

1 comments:

NengFauziah M said...

Keren postnya, Thanks ya

Post a Comment


up