Laporan Fotosintesis Hydrilla


Laporan Biologi : fotosintesis hydrilla

BAB I
PENDAHULUAN


           1.   Latar Belakang :
Fotosintesis berasal dari kata foton yang berarti cahaya, dan sintesis yang berarti menyusun.Jadi fotosintesis dapat diartikan sebagai suatu penyusunansenyawa kimia kompleks yang memerlukan energi cahaya. Sumber energi cahayaalami adalah matahari. Proses ini dapat berlangsung karena adanya suatu pigmen tertentu dengan bahan CO2 dan H2O. Cahaya matahari terdiri atas beberapa spektrum, masing-masing spektrum mempunyai panjang gelombang berbeda,sehingga pengaruhnya terhadap proses fotosintesis juga berbeda.Fotosintesis merupakan suatu proses biologi yang kompleks, proses ini menggunakan energi dan cahaya matahari yang dapat dimanfaatkan oleh klorofil yang terdapat dalam kloroplas.
Seperti halnya mitokondria, kloroplas mempunyai membran luar dan membran dalam. Membran dalam mengelilingi suatu stroma yang mengandung enzim-enzim tang larut dalam struktur membran yang disebut tilakoid. Proses fotosintesis dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain air (H2O),konsentrasi CO2, suhu, umur daun, translokasi karbohidrat, dan cahaya. Tetapi yang menjadi faktor utama fotosintesis agar dapat berlangsung adalah cahaya, air,dan karbon dioksida .Berbeda dengan organisme heterotrof, organisme autotrof menggunakan energi yang berasal dari oksidasi dan zat-zat organik tertentu. Organisme yang demikian disebut kemoautotrof, karena menggunakan zat – zat kimiawi dalam memproduksi senyawa organik dari senyawa non-organik. Sedangkan peristiwa fotosintesis sendiri dilakukan oleh organisme autotrof yang seringkali disebut dengan organisme fotoautotrof, karena dalam proses pembentukan senyawa organiknya menggunakan energi yang berasal dari cahaya matahari Fotosintesis sering didefinisikan sebagai suatu proses pembentukan karbohidrat dan karbondioksida serta air yang dilakukan sel-sel yang berklorofildengan adanya cahaya matahari yang disebabkan oleh oksigen (O2). Ada juga yang mengartikan fotosintesis dengan suatu peristiwa pengolahan atau pemasakan makanan yang terjadi pada daun dengan bantuan cahaya matahari.Organisasi dan fungsi suatu sel hidup bergantung pada persediaan energy yang tak henti-hentinya. Sumber energi ini tersimpan dalam molekul-molekul organik seperti karbohidrat. Organisme heterotrofik, seperti ragi dan kita sendiri,hidup dan tumbuh dengan memasukan molekul-molekul organik ke dalam sel-selnya. Oleh karena itu, kami mengadakan eksperimen untuk mengetahui apakah benar ada pengaruh cahaya matahari dan suhu terhadap tanaman hydrilla.


            2.   Rumusan Masalah :
Bagaimanakah pengaruh cahaya matahari dan suhu terhadap proses fotosintesis pada tanaman hydrilla?

            3.   Tujuan :
-          Menyelidiki factor yang mempengaruhi fotosintesis
-          Mengamati zat yang dihasilkan dari peristiwa fotosintesis


            4.    Hipotesis :
Hipotesisnya adalah cahaya matahari dan suhu berpengaruh terhadap proses fotosintesis


  
BAB II
KEGIATAN


              1.   Alat dan Bahan :
Alat :
·         Gelas Kimia
·         Corong Kaca
·                                 Termometer
·                                 Kawat
·                                 Tabung Reaksi
·                                 Benang
Bahan :
·         Tumbuhan Hydrilla
·         Es Batu
·         Air
·         NaHCO3

                2.   Cara Kerja :
·         Potong tanaman hydrilla ± 8 cm dan ikat ujungnya dengan benang
·         Rangkailah alat dan bahan seperti berikut.
·         Pada permulaan percobaan tabung reaksi penuh berisi air (jangan ada rongga udara)
·         Amati pembentukan gelembung gas untuk setiap perlakuan (Lihat Tabel)
·         Unuk mendapatkan suhu air 40 0C, tambahkan air panas sedikit demi sedikit kedalam gelas kimia dan tambahkan es untuk mendapatkan suhu air 10 0C


BAB III
PEMBAHASAN


   1.   Tabel Pengamatan :

No
Perlakuan
Waktu
Suhu Awal (0C)
Suhu Akhir (0C)
Banyak Gelembung
1
Tempat Teduh
10 menit
29
29
+
2
Cahaya Langsung
10 menit
29
31
+++
3
Cahaya Langsung + Air Hangat
10 menit
40
40
+
4
Cahaya Langsung + Es
10 menit
10
10
+
5
Cahaya Langsung + 5gr NaHCO3
10 menit
30
31
++++

Keterangan :

+          : Sedikit
+++       : Banyak
++++     : Banyak Sekali

              2.    Pembahasan

Pada percobaan tentang proses fotosintesis, Hydrilla verticillata dengan panjang yang telah ditentukan dimasukkan ke dalam corong kaca yang ditutupdengan tabung reaksi dan kemudian ke dalam gelas ukur yang berisi air sampai penuh, apabila dilakukan perlakuan dengan memberikan cahaya pada  Hydrilla verticillata dan diberi beberapa potongan es batu akan menghasilkan gelembung udara yang relatif sedikit.Faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis :
1. Intensitas cahaya : Makin tinggi intensitas cahaya makin banyak energi yang terbentuk,sehingga mempercepat fotosintesis. Namun, intensitas cahaya yang terlalu tinggi akan merusak klorofil dan mengurangi kecepatan fotosintesis.
2. Suhu : Dalam suatu batasan tertentu, semakin tinggi suhunya, semakin cepat proses fotosintesis itu terjadi sebaliknya, suhu yang rendah menghambat proses fotosintesis

3.   Pertanyaan dan Jawaban

       1.      Dari kegiatan yang kamu lakukan tentukan :
a.       Variabel manipulasi : Air hangat, air es, NaHCO3 dan suhu
b.       Variabel Kontrol : Tumbuhan Hydrilla
c.       Variabel Respon : Gelembung - gelembung atau O2
       2.      Perlakuan manakah antara no 1 dan no 2 yang lebih banyak gelembung udara? Mengapa demikian?
Jawab : Pada perlakuan no 2 karena cahaya mempengaruhi fotosintesis dan mendapatkan penyinaran langsung dari sinar matahari.
      3.      Jika di bandingkan antara perlakuan no (2),(3),dan (4) adakah pengaruh suhu terhadap laju fotosintesis?
Jawab : Ada, jika suhu tersebut terlalu dingin atau panas, maka fotosintesis akan terhambat. Karena fotosintesis hanya bisa berlangsung pada suhu normal.
      4.      Apakah tujuan penambahan NaHCO3 pada perlakuan no 5? Jelaskan berdasarkan hasil percobaan etelah dibandingkan dengan perlakuan no 2!
Jawab : Untuk mengetahui apakah NaHCO3 berpengaruh terhadap fotosintesis percobaan tanaman hydrilla yang di tambahkan NaHCO3 lebih banyak menghasilkan gelembung daripada cahaya langsung, berikut reaksinya :

            NaHCO+ H2O NaOH + CO2 + H2  C6H2O6 + O2 + H20

      5.      Gelembung gas apakah yang dihasilkan dari percobaan tersebut? Bagaimanakah cara membutikannya?
Jawab : Gas Oksigen yang dibuktikan pada percobaan fotosintesis tanaman hydrilla yang awalnya tidak bergelembung menjadi bergelembung
      6.      Faktor apakah yang mempengaruhi fotosintesis ?
Jawab :  Suhu, Cahaya, dan Karbon dioksida


BAB IV
PENUTUP

  1. Kesimpulan

Berdasarkan hasil praktikum yang diperoleh maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Fotosintesis adalah suatu proses metabolisme dalam tanaman untuk membentuk karbohidrat dengan memakai karbondioksida (CO2) dari udara dan air (H2O) dari dalam tanah dengan bantuan cahaya matahari dan klorofil.
2. Gelembung-gelembung yang timbul dari percobaan menunjukkan dalam fotosintesis dihasilkan oksigen.
3. Intensitas cahaya matahari dan suhu ikut mempengaruhi pembentukan oksigen pada proses ini.
4. Faktor suhu juga mempengaruhi fotosintesis.

  1.  Saran
Sebaiknya dalam melakukan percobaan, daun yang akan digunakan ditutup dengan sebaik – baiknya, agar hasil yang diperoleh tidak berlawanan dengan hasil yang diharapkan. Lalu sebaiknya dalam proses memasukan es batu dilakukan secara hati-hati agar bahan tidak pemanas air yang dimiliki lebih dari satu, agar  praktikum dapat lebih cepat selesai.

Cukup sekian yang dapat kami berikan mohon maaf atas segala kekurangannya kami sadari bahwasannya kami ini masih dalam proses pembelajaran, sehingga butuh akan kritikan dan saran pembaca, atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih, mohon kritik dan sarannya agar kami dapat memperbaikinya dikemudian hari, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.





DAFTAR PUSTAKA



Syamsuri, Isrtamar, dkk. 2007. BIOLOGI SMA. Malang. Erlangga
Cr :

0 comments:

Post a Comment


up